Sabtu, 15 November 2014

Differential

DIFFERENTIAL

1.      URAIAN

Komponen otomotif yang dikenal  pada diffrensial  terdiri dari  dua bagian yaitu : 
·         Final Gear 
·         Defferential gear dan mempunyai  fungsi sebagai berikut       :
   Final Reduction 

Putaran poros engkol  setelah dirubah  oleh transmisi  selanjutnya diperkecil  oleh final gear  untuk memperoleh  momen yang besar .

Differention
-           Differensial depan dan belakang  -
 Susunan roda gigi defferensial dibuat untuk menghasilkan kecepatan putaran roda sebelah dalam berbeda  dengan kecepatan  putaran roda sebelah luar  pada saat kendaraan berbelok sehingga roda tidak akan terjadi slip .



-       Diffrensial tengah ( full Time 4 WD )  -
 Differensial tengah  ( center differential ) memindahkan tenaga  dari transmisi  ke penggerak roda dengan ( front Drive Wheel ) dan penggerak  roda  belakang   ( rear Drive Wheel ) dalam keadakan sama , dan meradam setiap perbedaan kecepatan antara penggerak roda depan dan belakang  selama membelok  .

·         Perubahan arah tenaga  gerak ( Front Engine  , Rear Drive Model )  .  Final gear merubah arah dari  perpindahan tenaga gerak ke posisi tegak lurus atau mendekati tegak ke propeller shaft sebelum dipindahkan le roda – roda penggerak .



Model   FR

Model   FF

  1. FINAL  GEAR

Final gear differensial  terdiri dari drive pinion dan ring gear .  Tipe Helical gear dipasang pada kendaraan penggerak roda depan ,  dan tipe hypoid  bevel gear pada kendaraan penggerak roda belakang .

HYPOID BEVEL GEAR

Drive pinion terpasang  offset dengan  garis tengah ring gear seperti diperlihatkan  pada gambar dibawah . Perbandingan  persinggungan roda – roda giginya besar  dan bekerjanya  sangat halus .  Selama roda – roda  gigi berkaitan satu sama lainnya tipe hypoid bevel gear harus dilumasi  dengan oli hypoid gear yang memiliki oil film yang kuat .

HYPOID BEVEL  GEAR
( pengegrak roda belakang )


HELICAL GEAR

Tidak seperti tipe hypoid gear , untuk menghasilkan puntiran , gigi helical gear drive pinion selalu bersinggungan  dengan gigi ring gear pada lokasi yang sama tanpa ada celah  antara getaran yang timbul sangat kecil  , dan momen dapat dipindahkan dengan lembut  .



1          RODA GIGI  DIFFERENSIAL

DIPERLUKAN UNTUK UNIT RODA GIGI DEFFERENSIAL

Roda kanan dan roda kiri tidak selalu berputar  pada kecepatan yang sama disebabkan keadaan jalan , terutama pada saat berbelok  .   Untuk tujuan ini diperlukan bagian  khusus yang dapat memutarkan roda – roda pada kecepatan yang berbeda .   Perbandingan antara  jarak tempuh  roda bagain dalam ( A ) dengan jarak tempuh roda bagian luar  ( B ) pada saat  membelok  sejauh busur  seperti pada gambar dibawah ,  roda bagian luar ( B ) digambarkan pada arah panah  dimana radius nya adalah jarak  O  -  B , sementara roda bagian dalam ( A )  digambarkan  dengan  arah panah  dimana radiusnya  adalah jarak  O  -  A  . Oleh sebab itu jarak tempuh roda bagian luar lebih panjang dari pada roda bagian dalam , dengan demikian roda bagian luar bergerak lebih cepat dan berputar lebih cepat dari roda bagian dalam .

Jarak  A    <    Jarak  B
RPM  roda bagaian dalam  <   RPM roda bagian luar

Bila salah satu roda berada di jalan datar dan salah satu lagi  pada jalan kasar seperti diperlihatkan  pada gambar ,  roda ( A ) pada permukaan kasar sudah tentu akan berputar lebih cepat dari roda lainnya ( B ) pada permukaan datar  ( hal ini tidak akan terjadi bila kedua roda berpijak pada jalan yang sama )



Lebih lanjut , roda – roda jarang berputar pada putaran yang sama di jalan umum , sebab kedua roda berhubungan dengan permukaan jalan yang berbeda .   Sebab lain adanya perbedaan putaran roda  kanan dan kiri adalah karena ada perbedaan tekanan angin dan keausan ban .
Bila roda – roda bergerak pada RPM yang sama , maka salah satu akan slip .  Ban akan cepat aus dan  cenderung  berakibat pada kemampuan pengendaraan .   Untuk mengatasi hal ini  diperlukan  differensial dengan tujuan agar dapat  membedakan RPM untuk menghasilkan momen yang sebanding .

PRINSIP DASAR UNIT RODA GIGI DEFFERENTIAL  

Prinsip dasar unit roda gigi diffrential  dapat dipahami dengan menggunakan peralatan yang terdiri dari pinion gear dan dua rack seperti diperlihatkan pada gambar ( a ) .    Kedua rack dapat menggelincir  dengan bebas pada arah vertical sejauh guide ( berat rack dan tahanan gelincir terangkat secara bersamaan )   .    Pinion gear diletakkan pada setiap rack, pinion dihubungkan  ke shackle  dan dapat digerakkan oleh shackle .
Bila beban  ( W )  yang sama diletakkan pada setiap rack kemudian shackle ditarik keatas maka kedua rack akan terangkat keatas  pada jarak yang  sama sejauh shackle ditarik keatas seperti gambar ( B ) ,  pinion akan berputar sepanjang gerigi rack  yang mendapat beban  lebih berat disebabkan adanya perbedaan tahanan yang diberikan  pada pinion .  Dan ini mengakibatkan rack yang mendapat beban lebih kecil akan terangkat .  Jarak rack  yang terangkat sebanding  dengan jumlah putaran pinion. Dengan  kata lain  bahwa rack mendapat tahanan  lebih besar tidak bergerak sementara rack yang tahanan kecil  akan bergerak .   Prinsip  gerakkan  rack dan pinion  ,  digunakan pada perencanaan roda – roda gigi differential .

( a )  Kedua rack bergerak pada jarak yang sama


( a ) salah satu  rack diberi tahanan kecil




KONSTRUKSI DASAR UNIT RODA GIGI DIFFERENTIAL

Pada poros engkol yang diteruskan oleh propeller shaft diperkecil sesuai tenaga diteruskan  drive pinion ke ring gear .    Sebaliknya momen bertambah dan arah transmisi berubah  tegak lurus  terhadap arah asalnya .
 Seperti diperlihatkan pada gambar dibawah , dua  ( atau empat pada beberapa kendaraan ) differential pinion  dan dua roda gigi sisi ( side gear ) terletak didalam rumah  differential  yang menjadi satu dengan ring gear .
Bila rumah differential berputar , pinion differentil yang  terikat  pada rumah differential  ikut berputar menyebabkan  side gear berputar .  
Side gear dihubungkan ke poros belakang ( r ear axle shaft ) dan memindahkan  tenaga ke roda .



FUNGSI DASAR UNIT RODA DIFFERENTIAL 

( 1 )    Jalan  Lurus

Tahanan gelinding  ( rolling resistance ) pada kedua roda bergerak ( drive gear ) hampir sama pada saat roda kendaran bergerak lurus  pada jalan datar .  Oleh sebab  itu , kedua side gear berputar sebanding dengan putaran pinion  difeferential  dan semua komponennya  berputar dalam satu unit .
Bila tekanan kedua poros axle  belakang sama  ( A dan B )  seperti diperlihatkan  gambar dibawah , pinion  differential  tidak berputar  sendiri tetapi berputar bersama dengan ring gear ,  rumah difeferential , dan poros pinion ( pinion shaft ) .  Dengan demikian pinion differential berfungsi  untuk menghubungkan   side gear bagian kiri dan kanan . Oleh karena itu kedua side gear berputar  merupakan satu unit  dengan putaran  pinion difefrential  menyebabkan kedua drive wheel  berputar pada RPM yang sama . 





 ( 2 )     Membelok

Pada saat kendaraan membelok  ( turning ) , jarak tempuh roda bagian dalam lebih kecil ( busurnya lebih pendek )  dari pada roda bagian luarnya .  Bila dibandingkan  dengan kendaran pada saat  berjalan lurus .
Pada saat side gear bagian kiri ditahan seperti  gambar dibawah , tiap pinion differential berputar mengelilingi  shaftnya masing masing  dan juga  bergerak mengelilingi  axle belakang .  Akibatnya putaran side gear bagian kanan bertambah .
Dengan kata lain , pada pinion differential  berputar mengelilingi salah satu side gear  dan bergerak bersama – sama  dengan yang lainnya ( tergantung pada tahanan yang diberikan pada roda ) , jumlah putaran side gear  satunya dua kali dari putaran ring gear .
Hal ini dapat dikatakan bahwa putaran rata – rata roda gigi kedua adalah sebanding dengan putaran ring gear .


RPM  A  <   B





 ( 3 )    Satu  Roda  Pada  Permukaan  Jalan Yang  Berlumpur

Bila salah satu roda berada dilumpur maka kan terjadi slip  bila pedal accelarator ditekan .    Hal ini disebabkan  karena tahanan gesek yang sangat  rendah dari permukaan lumpur .
Ini akan menyulitkan untuk mengeluarkan roda dari lumpur , karena lebih banyak terjadi slip  ( putaran  dua kali lebih banyak dari pada  ring gear   ) dari pada bergerak .

Sumber : New Step 1 Toyota


Tidak ada komentar:

Posting Komentar